I called it LIFE

Hidup gw ga seindah anak2 yang lain, yang bisa ke mall setiap hari dan shopping baju seenaknya. Atau liburan ke luar negeri setiap tahun. Atau yang bisa gonta-ganti HP layaknya lo beli baju kaos biasa. Ga, keluarga gw ga kayak gitu.

Gw udah merasakan asinnya kehidupan, more than you thought and more than you can imagine. Ga, gw ga berlebihan kok. Gw cuma bilang apa adanya. Tahun 2004, tepat waktu gw baru aja ultah ke 17 thn, dimana org2 selalu ngerayain besar2an dan bilang umur 17 adalah sweet 17, bokap gw meninggal dunia. And its not sweet for me, its the most terrible day in my life. Kebayangkan kehilangan orang yg selalu jadi pegangan dlm hidup lo? Losing him its like im lost in my life. Gw bagaikan tersesat. Karena bagi gw, bokap adalah pusat dlm kehidupan gw. Ga pernah terbayangkan sedikitpun hidup gw tanpa dia. Gw emang dari kecil deket banget ke bokap. My Dad is the most amazing, brilliant, smartest, and greatest person ive ever met. He's one of the best thing that ever happen in my life. Gw banyak belajar dari dia. Mulai dari bahasa Inggris, cara main tamiya, pengetahuan tentang band, dll. Setelah hidup gw jatuh, gw berusaha untuk bangkit lagi dan menjalani hidup gw.
I miss you so much, Pa. Love you... RIP Pa...


Gw juga pernah menghancurkan hidup gw sendiri. Dan gw juga menghancurkan harapan nyokap gw dengan apa yg telah gw lakukan. Cukup sekali gw melakukan kesalahan itu. Mungkin hanya temen deket gw yang ngerti ttg masalah gw ini.

Keluarga gw juga pernah merasakan bagaimana hidup dari titik nol. Tahun lalu, gw dan keluarga hampir kehilangan tempat tinggal. Kita hampir ga jelas tinggal dimana. Tapi karena Tuhan punya rencana lain dan dia juga ngirimin malaikat yang berwujud nyata, Alhamdulillah kita masih punya tempat tinggal. Pernahkah nyokap lo ga megang duit sama sekali?? SAMA SEKALI. Nyokap gw pernah. Ini sekitar setahunan yang lalu. Dan ga ada keluarga kami yang nolongin. GA ADA. Buat makan aja bahkan sulit. Kebayang ga di rumah ga ada satu pun yg bisa dimasak? Bahkan beras dan telur aja ga ada. Gw ga megang duit sama sekali. Yang gw utamain pertama adalah adik gw yg masih SD saat itu. Biar aja gw ga makan, asal dia bisa makan. Dan lagi2 keluarga gw bisa bangkit dr kondisi ini, karena mungkin yg seperti nyokap gw bilang, "Tuhan ada untuk orang yg sabar..."
Gw sendiri masih skeptis dengan yg namanya Tuhan. Gw sampai sekarang masih mencari2 siapa Tuhan gw. Apakah gw bakal menemukan Tuhan? Apa Tuhan yang menjauhi gw atau gw yang menjauhi Tuhan?? Karena gw pernah mencari Tuhan yang salah, dan gw sadar. Terkadang pikiran gw masih dipenuhi pikiran, "There is no God". Ga ada yg namanya Tuhan. Tapi gw ga pengen jadi org yang kehilangan pegangan seperti itu. Gw mau menjalani hidup gw dengan jiwa yang "penuh", bukan kosong. Tapi terkadang permasalahan yg gw hadapin sendiri membuat gw sulit percaya ama Dia. Dan anehnya gw masih suka berdoa ama Tuhan, masih suka baca doa kalo mau keluar rumah supaya selamat, masih sering beribadah, dll. Are you there, God?

Dan ajaibnya sekarang gw bisa hidup dengan berkecukupan. Bukan karena siapa2, ini semua karena perjuangan nyokap gw. Dia adalah orang yang berkali2 hidupnya terhantam ke tanah dan bisa bangkit lagi. I love you, Ma... :]

Makanya gw mau keluar negri dengan hasil jerih payah sendiri. Bukan karena uang dari orang tua. Karena itu gw udh ngerencanain mulai tahun depan gw pasti akan keluar negri. Karena gw harus nabung dari hasil keringet gw sendiri, dan pasti hasilnya bakal lebih nikmat dibanding dengan uang dr orang tua.
Tadi siang nyokap gw bilang, "Mama janji bakal sekolahin kamu keluar negri tahun depan kalau Mama ada rezeki lebih..." Amien...
Biasanya doa nyokap gw suka terwujud, Alhamdulillah kalau beneran terwujud. Ini adalah rejeki lebih buat gw, gw bakal memperjuangkan mimpi orang tua gw dan gw sendiri supaya gw bisa sukses di negri orang. Nyokap jg ngerti kalo gw ga mau biaya gw buat liburan ke luar negri dari kantong nyokap, walaupun dia maksa buat ngasih. Perjalanan liburan ke luar negri gw bakal dari kantong gw sendiri kok. Terimakasih buat doa Mama yang mau sekolahin Ebby di luar... :]
Dari hidup gw sendiri gw tahu kalo ga ada yg ga mungkin untuk gw lakukan asalkan gw ada kemauan. Semua mimpi gw pasti bakal bisa gw capai. Termasuk pengen keliling Eropa dengan hasil jerih payah gw sendiri. :]

Anyway, setelah gw memutuskan buat pergi ke Thailand dan Jepang, i think my next destination is... Europe. ;] the best place for the backpacker.
Negara Eropa yang pertama bakal gw tandangi adalah, Italy or Spain. Gw pengen merasakan indahnya naik gondola di Venice, berkunjung ke bekas bangunan Colloseum, liat menara Pisa, berkunjung ke Valencia, Barcelona, Madrid, dan mencari David Villa ;]. Dari sana gw bisa keliling2 ke negara lain. So wait for me Europe! :]




0 comments: