My Resurrection

Pernahkah lo berdoa sama Tuhan lo? Maksud gw "benar-benar" berdoa dlm arti yg sesungguhnya??
Selama hidup gw, bisa dihitung dengan jari berapa kali gw benar2 berdoa dengan serius sama Allah. Yg gw inget cuma waktu bokap gw masuk RS dan meninggal dan terakhir gw bener2 berdoa dengan serius yaitu minggu lalu dan hari ini.
Semenjak bokap meninggal, gw berada diantara keterombang-ambingan percaya dengan Tuhan atau tidak. Dulu gw shalat cuma karena disuruh ato karena temen2 gw ngajakin shalat. Bahkan 3 tahun belakangan dlm hidup gw ini, gw seperti dipaksa untuk mempercayai Tuhan. Bukan karena kemauan gw sendiri. Dan gw memutuskan sejak tahun lalu untuk ga percaya Tuhan lagi.
Gw berpikir, kalau Tuhan emang ada..kenapa Dia membiarkan banyak org baik tersiksa dan tertindas? Kalau Dia emang ada, kenapa banyak umatNya yg saling menjatuhkan satu sama lain? Dan yg paling membuat gw belum bisa menemukan jwbannya sampe skrng adalah, kalo Dia emang ada dan hanya ada 1 di dunia ini, mana yg harus gw percaya?? Apakah Allah SWT? Tuhan Jesus? Sidharta Gautama? Atau yg lain??
Kalau gw mempercayai Allah SWT, kenapa banyak patung Bunda Maria di luar negeri yg ditemukan dengan tetesan air mata atau darah mengalir dr matanya? Apa artinya?? Kenapa banyak mukjizat dan kesaksian dr para nasrani yg mengaku pernah bertemu Jesus??
Kalau gw mempercayai Jesus, kenapa banyak Muslim yang mendapat mukjizat dan pertolongan dr Allah di saat mereka membutuhkanNya? Kenapa saat org2 menunaikan ibadah haji / umroh di tanah suci banyak yg mendapat penglihatan atas kebesaran Allah??
Tuhanku yang mana????
Itulah yg memutuskan gw tidak mempercayai Tuhan dan sebangsaNya.
Dengan kepercayaan dan keyakinan gw itu, gw menapaki hari2 gw setahun belakangan ini. Walopun gw dan keluarga dapet banyak bencana dan musibah, gw tetap ga mau percaya Tuhan. Kalo Dia emang ada, kenapa Dia ga nolongin gw dan keluarga gw?? Toh banyak org tak bertuhan di dunia ini yg hidup baik2 dan sejahtera. Tak bertuhan tak berarti dirimu jahat. Bahkan org yg bertuhan terkadang lebih kejam dr pada org yg tak bertuhan.
Hidup gw membaik setahun belakangan ini, keluarga semakin membaik. Semuanya kelihatan mulai normal.
Sampai akhirnya beberapa minggu yg lalu. Dimana dunia berhenti berputar lagi buat gw. The day when the world stood still for me. Kehilangan Ron seperti tamparan keras bagi kehidupan gw. Gw berpikir apakah ini karena gw ga mempercayai Tuhan??
Gw berusaha untuk curhat ke temen2 gw. Tapi ga ada yg bisa mecahin masalah gw selain gw sendiri. Gw mengakui selama setahun kmrn hidup gw dipenuhi kehampaan. Bukan secara fisik, tapi rohani.
Gw mencoba untuk merubah semua hidup gw. Gw meninggalkan semua yg udh gw lakukan selama setahun belakangan ini. Ibarat lagi nyetir mobil, gw banting setir dan ngubah haluan. Gw mengubah hidup gw hanya dlm satu malam.
It feels like my resurrection. Seperti kebangkitan gw sendiri. Life goes on. Gw ga mau menjadi yg tertinggal di belakang sementara kehidupan berjalan satu langkah di dpn gw.
Minggu lalu tanpa gw sadari dan gw niati, waktu adzan Maghrib berkumandang. Hal pertama yg gw lakukan adlh ambil air wudhu dan shalat. Waktu baru angkat tangan buat Allahuakbar aja, air mata gw udh turun. Gw shalat sambil nangis terisak2. Gw bahkan ga inget doa apa aja yg gw ucapin. Waktu sujud terakhir gw ga kuat buat nyelesain shalat gw. Gw cuma bisa tiduran di atas sejadah sambil nangis. Malam itu gw bahkan ga inget lagi apa yg gw lakuin, gw gw inget cuma saat itu adlh shalat pertama gw setelah hampir setahun gw ga shalat. Dan gw cerita ke nyokap, "Ma, ebby tadi shalat setelah berbulan2 ebby ga shalat lho.."
Nyokap kaget dan cuma nanya, "Ada apa??"
Tapi gw cuma diem dan senyum aja. Gw rasa nyokap tahu alasannya. Dia ga nanya lagi setelah itu.
Dan tadi pas Maghrib. Itu pertama kalinya gw berdoa sambil bersuara. Selama ini gw selalu berdoa dalam hati. Mungkin tadi itu sesi curhat gw ke Allah. Gw nangis lagi. Sampe mukena gw basah.
Gw berdoa ttg semuanya. Ttg keluarga, sahabat, Ron, pendidikan, pekerjaan, semuanya ttg hidup gw..
Dan gw merasa amat sangat lebih baik sekarang.

Mungkin ini yang seharusnya gw lakuin dr dulu. Tapi gw bersyukur gw baru bisa melakukannya sekarang. Karena gw dapet pelajaran hidup yg berharga dan ga semua org bisa dpt.
Sekarang gw tahu gw harus berdoa ke siapa.

Oh iya, tadi terakhir gw berdoa supaya Spanyol menang malam ini lawan Rusia di semi final Euro 2008. :]
Terimakasih Allah...

3 comments:

Shanti Pranadi said...

Ebby..
tulisan loe bener2 "menyentil" gw..
hik100x..

JUMETU said...

Kesaksian


Tuhan itu bego
Allah maha mengetahui

ebby! said...

iya shan? bagus deh. hehe :D
2 jumetu: hehehehehehe :P