Gimmick, Gimme More!



Kalian tau "gimmick"?? Gimmick merupakan salah satu strategi pemasaran suatu produk (barang ataupun jasa) dengan menggunakan cara2 yg tidak biasa atau kontroversional (faktor X) sehingga produk tersebut cepat dikenal masyarakat karena faktor X tadi. Bisa dibilang gimmick itu strategi pemasaran yang ampuh dan menurut gw norak dan cocok untuk produk yang ga berkualitas. Kasarnya, bikin kasus yang heboh buat mendongkrak penjualan dan popularitas produknya. Ih ga bonafit banget...
Banyak banget contoh gimmick di kalangan pemasaran produk di Indonesia akhir2 ini. Mulai dari Ahmad Dhani dan sejuta permasalahan lebay dan tidak pentingnya itu dengan istrinya Maia Ahmad yang ampe sekarang ga selesai2 dan ga jelas ujungnya. Itu gimmick banget menurut gw, karena masalah Dhani-Maia timbul sewaktu mereka berdua sama2 ngeluarin album. Dhani ngeluarin album band the Rock nya (yg menurut gw ga ada rock2nya ama sekali. duh please dong!), Maia yang ngeluarin album bareng Meichan or Meychan (yuck ga penting), ato secara "kebetulan" juga si Mulan Jameelah salah satu artis keluaran managemennya Dhani yg ngeluarin album baru juga. Tiga2nya ngeluarin album barengan dan mulailah merebak kontroversi seputar Dhani-Maia-Mulan. Yah.. Strategi pemasaran yang bagus... Mustinya Mas Dhani mampu meroketkan albumnya tanpa embel2 gimmick itu. Bah theyre just makes me sick!

Semenjak beberapa minggu terakhir, kita juga sering menyaksikan suatu aksi gimmick yang amat sangat menghebohkan, yaitu seputar kontroversial lagu "Jauh" nya Gaby. Dengan embel2 lagu ini dinyanyiin ama seorang cewe yang udh meninggal karena nyusul cowonya yg udh meninggal duluan, lagu ini langsung jadi hits dadakan di kalangan anak2 muda. Eits..bukan anak muda aja, bahkan ibu2 penggemar infotainment pun ampe hafal lirik ni lagu karena berkali2 lagunya diputer di infotainment sepanjang hari. Dari pagi ampe malem sepanjang minggu. Dan secara "kebetulan" pula berdatangan para musisi yang "mengaku" kalo lagu Jauh itu ciptaan mereka. Bukan cuma dua band yang memperebutkan itu lagu ciptaan mereka. Ternyata ampe ke mas2 tukang ngamen pun ngaku kalo lagu itu sebenernya dia yang ciptain! Ck ck ck!
Selama ntn infotainment seminggu terakhir, gw itung ga kurang dari 5 band dan 5 orang yang tersebar di seluruh Indonesia "mengaku" kalo lagu Jauh itu milik mereka. Malahan ada yg udh bikin album dan video klipnya segala. Mulailah perdebatan tidak penting dari masing2 meng claim kalo mereka udh nyiptain lagu ini duluan dan yang laen jiplak. Ada yang bilang nyiptain dari tahun 2005, ada yang bilang tahun 2006, ada yang bilang tahun 2008, dll. Siapa yang bener??? Ternyata belakangan nongol lah seorang cewe asal Makassar (ato Samarinda?? Lupa!) yang bernama Abe dan ternyata dia yang pertama kali menyanyikan lagu Jauh itu di pensi kampusnya tahun 2005 (dengan bukti video rekaman yg akhir2 ini selalu diputer infotainment). Si Abe ini ga lain dan ga bukan ternyata adalah teman dari salah satu personil band yang saling memperdebatkan kalo lagu Jauh ini milik mereka. Kalo ga salah nama tuh personil Pay (kalo ga salah.. lupa gw, abisnya ga penting. haha) dari band Caramel.
Dan anehnya lagi band Caramel ada dua! Caramel asal Surabaya dan Makassar. Si Pay ini asal Makassar. Abe ngaku kalo dulu Pay nyiptain ni lagu dan Abe tertarik ama ni lagu, makanya dia nyanyiin lagu ini di pensi tahun 2005 dulu. Kalo org awam bilang sih pasti si Abe dan Pay yang nyiptain tu lagu. And case closed. Tapi belum ternyata, sodara2. Band2 dan orang2 yang tadinya ngaku2 lagu ini milik mereka, masih pd ngotot kalo lagu ini milik mereka! Bahkan ada yg siap buat menggugat secara hukum. Jah.. jadi siapa yg bener????
Yah terlepas dari siapa pencipta lagu Jauh yg sebenernya, lagi2 gimmick terjadi di kasus ini. Kalo bukan karena kasus perebutan hak cipta lagu tsb, lagu Jauh ga bakal sengetop sekarang. Dari segi musik, gw ga tertarik ama lagu kayak gini..bahkan ini lagu standard banget. Mungkin yang disukai org2 itu dari liriknya, yang menurut gw juga sebenernya biasa aja. Too mellow for me. Tapi entah kenapa lagunya terngiang2 di kepala gw dan kadang tanpa sadar gw suka nyanyiin lagu ini kalo lg bengong. Hahaha ternyata gimmick nya berhasil! Otak gw kena brainwash ampe2 nyanyiin lagu itu! Yikes...

Pendapat gw pribadi sih yah itu semua cuma gimmick. Bohong belaka. Malahan jgn2 band2 dan org2 yg ngaku2 itu sebenernya udh dibayar supaya ngaku2 itu lagu mereka. Sengaja bikin heboh supaya tu lagu cepet ngetop. Jadi, siapa dong otak di belakang semua ini?? Pastinya yang pertama kali ngeluarin album dan cepat2 meng hak paten kan lagu Jauh itu dong... Oh berarti band "itu" dong??? Hahahaha...! No offense lho, tapi gw percaya itu yang sebenernya. :P
Hebat yah strategi pemasaran akhir2 ini?? Ampe2 si Roy Suryo pun ikut2an pengen ngetop dengan cara sok2an pengen membongkar kasus ini untuk mencari siapa pemilik lagu ini sebenernya. Ato paranormal kayak Mama Lauren yang ikut2an ngeramal siapa yg nyanyiin lagu itu pertama kali. Ih ga penting banget sih kalian semua..! :D

Mau ngetop di Indonesia sekarang gampang. Ciptain aja lagu yang cheapy abis dan bikin gimmick. Bilang aja yg nyanyiin tu lagu sebenernya cowo yg udh meninggal karena ditinggal nikah ama pacarnya lalu orang tua tu cowo meninggal karena kecelakaan lalu tu cowo di PHK dari kerjaannya dan tiba2 rumahnya disita pemerintah karena ternyata selama ini bokapnya tukang korupsi uang negara. Dijamin lagu kalian cepet terkenal dan jadi santapan favorit infotainment! Selamat berjuang, sodara2!! ;D

NB: Yang pernah percaya kalo si Gaby itu nyata dan udh meninggal dan kalian merinding tiap denger lagu Jauh itu karena takut didatengin hantu Gaby adalah orang2 yang bodohnya minta ampun! Please dong ah, pinteran dikit napa? :D :D :D

5 comments:

BlogAdi said...

Good deh... 100% top banget ulasannya, 4 jempol saia untuk Anda :D


Seperti kita Mencari Keindahan dalam Hal2 yang Sederhana dengan Menghargai Matahari yang selalu setia menerangi kita, maka Tentukanlah Arah Nasib Anda Sendiri dan tak lupa ramalkan Sukses Anda juga, namun jangan Terlena dengan Keberhasilan. Tapi kalau Disesatkan... Boleh-boleh aja tuh, karena Dunia ini begitu Hebat.

Salam.

ebby! said...

trims bung adi! :D

whyu3 said...

ulasannya mantep sesuai prediksiQ, menurutku juga gitu lagunya cuman beberapa bait doang.. kayak g da kreatifNa aja.. cuman diulang-ulang..
lagu gaby mah HOAX..

Shanti Pranadi said...

ih, gw juga kesel tuh by kalo ada yang pake gimmick gitu.. yang terbaru tuh ike nurjanah.. dah tau belom loe? hehehe..

ebby! said...

yg pacaran ama brondong banget itu kn?? ih ga banget! brondongnya juga mau aja lagi.. pdhal dia lumayan lho. huehehehehe XD