Semoga Kita Bisa Segera Bertemu, Jailolo...

Tulisan ini diikutkan dalam "Jailolo, I'm Coming!" Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo
http://www.wego.co.id
http://www.festivaltelukjailolo2013.com


________________________________________________________________________________

Selama 26 tahun di hidup saya yang biasa-biasa ini dan dengan pengalaman menjelajah Indonesia yang biasa-biasa saja dibanding teman-teman dan keluarga saya yang juga gila traveling, baru kali ini saya benar-benar tertarik untuk mengunjungi suatu tempat. Satu tempat yang memiliki nama unik. Nama yang mungkin kurang populer dibandingkan dengan Bali, Lombok, Wakatobi, atau bahkan Raja Ampat. Tempat itu bernama Teluk Jailolo yang berlokasi di Halmahera Barat.

Mungkin nama Teluk Jailolo kalah terkenal dibanding tempat-tempat tujuan pariwisata lainnya, namun saya yakin bahwa setiap jengkal di bumi Indonesia ini memiliki keindahannya tersendiri yang tidak ada di tempat lain. Termasuk Teluk Jailolo. Suatu tempat yang memiliki banyak keindahan, baik kebudayaan, alam, kuliner, maupun masyarakatnya.

Di Teluk Jailolo kita dapat menemukan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, dimana di sana terkenal dengan spot diving bagi para diver dan pecinta laut seperti saya. Kita juga dapat menemukan kebudayaan unik seperti tarian tradisional Cakalele, Legu Salai, ataupun melihat secara langsung rumah adatnya yang dikenal dengan nama Rumah Sasadu. Atau mungkin ingin berjumpa dengan masyarakatnya yang ramah? Dengan sapaan unik masyarakat Jailolo, “Auuulliieee..” sambil menonton pertunjukan menakjubkan yang bernama Tari Sasadu on the sea yang disajikan di atas panggung di tengah laut. Dan para pecinta makanan tentu akan dimanjakan lidahnya dengan berbagai makanan khas Halmahera, terutama Jailolo, yang terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. J

Siapa yang tidak ingin mengunjungi Teluk Jailolo setelah membaca atau mendengar informasi-informasi di atas? Siapa yang tidak makin cinta Indonesia setelah melihat keindahan-keindahan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia?

Saya ingin sekali mengunjungi Teluk Jailolo. Terutama pada saat Festival Teluk Jailolo 2013 yang akan digelar bulan Mei nanti. Dimana semua keindahan akan dipertunjukan dalam satu festival tersebut.
Saya juga ingin sekali menyebarkan keindahan Teluk Jailolo kepada seluruh masyarakat di Indonesia, bahkan ke masyarakat Internasional.
Saya pun ingin masyarakat makin mencintai Indonesia dengan keindahan dan keberagamannya yang luar biasa. Saya bahkan lebih ingin lagi jika para wisatawan asing akan mencintai Indonesia yang tidak ada duanya ini.

Dan saya bisa mewujudkan semua itu dengan cara yang mudah. Semudah saya meng-update blog saya  yang banyak berisikan pengalaman traveling saya. Semudah saya bercerita kepada teman-teman saya tentang keindahan Teluk Jailolo. Semudah saya menceritakan pengalaman dan keindahan Teluk Jailolo di media sosial seperti twitter, path, atau pun facebook. Semudah cepatnya kita jatuh cinta pada Indonesia.
Ahh. Setelah menulis tulisan ini, keinginan saya untuk menjelajah tanah Halmahera semakin besar. Semoga kita bisa segera bertemu, Jailolo.


Salam, dari seorang traveler biasa-biasa saja namun memiliki kecintaan yang luar biasa pada Indonesia. J


0 comments: